Latest Archive :
Ferryxz Yamato II | Ferryxz Yamato II | Ferryxz Yamato II | Ferryxz Yamato II | Ferryxz Yamato II | Ferryxz Yamato II | Ferryxz Yamato II | Ferryxz Yamato II | Ferryxz Yamato II

Latest Post

Ribbon pada Microsoft Office Access 2007

Written By Ferryxz on Senin, 19 November 2012 | 04.33


Ribbon pada Microsoft Office Access 2007



A.    Tab Home
1.      Group Views
Group Views memudahkan pengguna dalam melihat/mengedit Database-nya. Terdapat beberapa pilihan yang berbeda-beda tergantung dengan objek Database yang dipilih atau yang sedang dikerjakan..
a. Datasheet View: digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk standar. Dalam bentuk tampilan ini data ditampilkan sesuai nama field yang sudah didesain pada tahap awal pembuatan database. Dalam bentuk seperti ini tampilan mirip dengan tampilan lembar kerja di Excel.
b.   PivotTable View: digunakan untuk menampilkan database dalam bentuk kompilasi, dimana pada tampilan ini hanya memungkinkan untuk menampilkan nama field data saja. Saat diperlukan, user hanya perlu meng-klik salah satu field yang diinginkan, maka deretan data akan ditampilkan.
c.  Pivot Chart View: digunakan untuk menampilkan data ke dalam bentuk diagram, untuk data yang berkaitan dengan perhitungan angka yang dimanipulasi melalui Query.
d.  Design View: digunakan untuk tampilan data yang memungkinkan user untuk merancang field serta mengatur tipe data pada setiap field. Pada tampilan jenis ini nama field disusun secara vertikal, sedang di sebelah kanannya berisi tabel yang digunakan untuk memilih tipe data tertentu pada setiap nama field di sebelah kirinya.

2.      Group Clipboard
Umumnya icon perintah di group Clipboard ini berfungsi untuk mengolah seputar papan klip. Setiap data yang di-cut dan di-copy akan tersimpan di dalam Random Access Memory (RAM). Tak sekedar urusan copy – paste. Group ini juga menyediakan fasilitas bagi user yang memungkinkannya untuk memilih data tertentu yang ingin di-paste atau ditempel. Bahkan user diberi peluang untuk mem-paste bagian intisari data, sedang atribut format tidak akan disertakan ke dalam tempelannya.

3.      Group Font
Icon perintah di group Font secara umum digunakan untuk mengatur format huruf dalam suatu database aktif. Format yang dimaksud, seperti masalah jenis huruf, ukuran huruf, ketebalan huruf, perataan teks, dll.
Sedangkan perintah-perintah yang terdapat di group Font ini adalah:
a.       Font: digunakan untuk memilih jenis huruf.
b.   Font Size: digunakan untuk memilih mengatur ukuran huruf. Dalam urusan database mungkin merasa perlu untuk mengklasifikasikan data tertentu. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengubah ukuran huruf terhadap database.
c.  Bold: digunakan untuk menebalkan teks terpilih dalam database. Ketebalan huruf juga bisa menjadi sebuah klasifikasi. Sekelompok data yang diset dengan huruf tebal dianggap sebagai kelompok data dengan kriteria yang sama.
d.   Italic: digunakan untuk memiringkan huruf. Dalam aspek kebahasaan, tulisan yang diformat miring dapat memiliki arti penekanan atau sebagai kata asing yang belum banyak dikenal kalangan. Data yang diset miring bisa memiliki maksud tertentu, misal, sebagai tanda atau mark, atau mungkin memiliki arti penekanan terhadap kriteria tertentu.
e.  Underline: digunakan untuk memberi tanda garis bawah pada data terpilih. Pilih data yang diinginkan, klik kiri icon ini, maka data terpilih akan tergaris-bawahi.
f.       Align Text Left: digunakan untuk mengatur teks rata kiri.
g.      Align Center: digunakan untuk mengatur teks rata tengah.
h.      Align Text Right: digunakan untuk mengatur teks rata kanan.
i.        Font Color: digunakan untuk mengatur warna huruf
j.   Gridlines: digunakan untuk mengatur garis grid di bagian tepi kotak data. Disini user diberi peluang untuk memilih salah satu jenis garis tepi kotak data, meskipun secara default, datasheet sudah memiliki gridlines semu untuk memisah antar kotak data, namun user bisa memberikan garis tepi yang kontas untuk semakin mempertegas klasifikasi data secara manual.
k.   Alternatif Fill/ Back Color: digunakan untuk mengatur serta memilih warna latar setiap cell data. Secara standar, suatu datasheet sudah memiliki back color dengan warna yang bersusun secara periodik, untuk kemudahan klasifikasi data. Namun bagi user yang punya kemauan lebih dari sekedar standar, disini jalan menuju kustomisasi memang terbuka lebar.

4.      Group Record
Perintah-perintah di group Records ini digunakan untuk pengaturan seputar isian data yang terdapat dalam datasheet. Icon perintah yang terdapat dalam group ini adalah:
a.   Refresh All: digunakan untuk menata ulang susunan data. Perintah ini sangat berguna dalam suatu database yang berasal dari data eksternal, misal data sinkronisasi, data dari database di internet, bila terjadi perubahan pada data asal (misal ada penambahan atau pengurangan record), maka di data hasil import tidak ikut berubah. Untuk mengetahui ada tidaknya perubahan di data asal, maka klik icon Refresh ini, maka semua perubahan di data eksternal akan diterapkan di data import.
b.    New: digunakan untuk memasukkan record baru. Tanpa icon ini, user bisa menambahkan record baru dengan cara mengaktifkan cell di paling kahir datasheet, namun dengan icon New tersebut, user tidak perlu menggeser scroll ke bawah atau bahkan menekan tombol panah ke bawah di saat terdiri dari ribuan record yang melelahkan. Cukup klik icon ini, maka secara otomatis cell di paling akhir datasheet akan siap untuk diisi dengan record baru.
c.       Save: digunakan untuk menyimpan record dari datasheet yang sedang aktif.
d.      Delete: digunakan untuk menghapus record dari data yang terpilih.
e.       Total: digunakan untuk menjumlah record yang terdapat dalam datasheet aktif.
f.       Spelling: digunakan untuk mengecek ejaan kata dari suatu data.
g.  More: berisi menu-menu yang mendukung pengaturan datasheet, seperti mengubah ukuran datasheet, dll.

5.      Group Short & Filter
Perintah-perintah yang terdapat di Group Short & Filter ini digunakan untuk keperluan penyortiran serta penyaringan data. Perintah-perintah yang terdapat di group ini adalah:
a.       Ascending: digunakan untuk mengurut data berdasarkan urutan abjad dari A-Z. Pilih data yang diinginkan, kemudian klik perintah ini, maka data akan tersusun berdasarkan urutan abjad dari A sampai Z.
b.      Descending: digunakan untuk mengurut data berdasarkan urutan abjad dari Z sampai A. Disini merupakan fungsi kebalikan dari Short Ascending.
c.    Clear All Short: digunakan untuk membersihkan semua kriteria penyortiran, disini susunan data akan kembali seperti sedia kala, sebelum dilakukan penyortiran.
d.      Filter: digunakan untuk menyaring data sesuai dengan kriteria tertentu.
e.       Selection: digunakan untuk memilih tampilan data yang sesuai dengan data terpilih saja. Aktifkan suatu data, klik icon Selection ini, data yang ditampilkan hanya yang berdasarkan data terpilih saja.
f.  Advanced: digunakan untuk memilih pengaturan lanjutan yang berkaitan dengan masalah penyaringan data.
g.      Toggle Filter: digunakan untuk menerapkan semua pengaturan penyaringan data.

B.     Tab Create
1.      Group Tables
Group Tables bertujuan untuk membuat tabel data atau juga menentukan tipe table yang akan kita buat.
a.       Table: digunakan untuk membuat tabel database baru.
b.      Table Templates: digunakan untuk membuat tabel database baru berdasarkan contoh-contoh yang sudah tersedia di MS Access 2007. Dengan menggunakan icon perintah ini user mendapatkan kemudahan dalam pembuatan database. User tinggal memilih salah satu contoh yang telah tersedia. Kemudian user hanya perlu melakukan kustomisasi seperlunya.
c.     SharePoint Lists: digunakan untuk membuat daftar titik penyimpanan data yang sedang dibuat.
d.    Table Design: digunakan untuk merancang tabel yang dibutuhkan dalam suatu database. Icon ini merupakan pengaturan tingkat lanjut dari icon Table. Dengan icon Table Design, user bisa mengatur atribut table dari database aktif sehingga setiap field bisa diset dengan tipe data tertentu.

2.      Group Forms
Group Form merupakan Input bagi user ketika ingin memasukan data baru. Di tab ini terdapat berbagai pilihan pengaturan form.
1.      Form: digunakan untuk membuat formulir database baru.
2.    Split Form: digunakan untuk suatu formulir sehingga menjadi dua formulir yang berbeda.
3.    Multiple Items: digunakan untuk membuat form yang bisa menampilkan isi database yang telah dimasukkan.
4.      PivotChat: digunakan untuk membuat grafik berdasarkan suatu database.
5. Blank Form: digunakan untuk membuat formulir yang kosong sehingga user bisa mendesain sendiri suatu formulir yang diinginkan.
6.   More Forms: digunakan untuk digunakan untuk menampilkan daftar perintah yang diguakan untuk memilih daftar form lainnya.
7.      Form Design: digunakan untuk mendesain form sesuai dengan keinginan user.

3.      Group Reports
Group Reports secara umum digunakan untuk pembuatan laporan (report), terdiri dari 5 icon perintah: Report, Labels, Blank Report, Report Wizard, Report Design.
1.      Report: digunakan untuk membuat format laporan dalam versi standar Microsoft Office Access 2007
2.      Labels: digunakan untuk membuat label dari database yang sedang aktif.
3.  Blank Report: digunakan untuk membuat format laporan yang kosong sehingga user bisa membuat format laporan yang diinginkan.
4.   Report Wizard: digunakan untuk membuat format laporan berdasarkan tuntunan yang disediakan dalam Microsoft Office Access 2007.
5.      Report Design: digunakan untuk merancang format laporan sesuai dengan keinginan user.

4.      Group Other
Group Other terdiri dari 3 icon: Query Wizard, New object: Query, dan Macro.
1.      Query Wizard: digunakan untuk membuat query berdasarkan tuntunan yang disediakan dalam Microsoft Office Access 2007 sehingga user bisa dengan mudah dalam membuat sebuah query
2.  Query Design (New Objek Query): Query digunakan untuk membuat query baru sesuai dengan keinginan pengguna.
3.    Macro: digunakan untuk membuat objek macro, merupakan tool yang digunakan untuk membuat perintah tertentu pada sebuah database.

C.    Tab External Data
External Data merupakan sebuah fungsi built-in yang sudah disediakan oleh Microsoft Access untuk mengimport data masukan. Data masukan yang harus disiapkan harus dalam bentuk tabel.
1.      Group Import
Fasilitas ini dapat Anda gunakan ketika ingin memasukan document lain dalam database.
a.  Saved Import: digunakan untuk melihat dan menjalankan operasi impor yang sebelumnya disimpan
b.      Access: digunakan untuk mengimport data dari atau link ke data dalam database lain akses
c.     Excel digunakan untuk mengimport data dari atau link ke data dalam file kantor microsoft Excel
d.  SharePoint List: digunakan untuk mengimport data dari atau link ke data dalam daftar Sharepoint
e.       Text File: digunakan untuk mengimport data dari atau link ke data dalam delimited atau fixed-width text file
f.       XML File: digunakan untuk mengimport file XML
g.      More: digunakan untuk melihat lebih banyak format, anda dapat mengimport dari atau link ke:
1).    ODBC Database: import atau link kedatabase ODBC, seperti SQL Server
2).    HTML Document: import atau link ke sebuahdokumen HTML
3).    Outlook Folder: ke folder pandangan
4).    Database File: import atau link ke file database
5).    Paradox File: impor atau link ke file paradox
6).    Lotus 1-2-3 File: mengimpor file lotus 1-2-3

2.      Group Export
Group Export merupakan kebalikan dari import, Anda dapat mengexport database yang telah Anda buat keprogram aplikasi lain.
a.   Saved Export: digunakan untuk melihat dan menjalankan operasi ekspor Anda sebelumnya disimpan
b.    Excel: digunakan untuk eksport objek yang dipilih lembar kerja excel dalam file kantor Microsoft
c.       SharePoint List: digunakan untuk eksport dipilih objek daftar Sharepoint
d.      Word: digunakan untuk eksport objek yang dipilih ke file format rich text
e.       Text File: digunakan untuk eksport objek yang dipilih ke file teks
f.       More: melihat format lebih lanjut, anda dapat ekspor ke:
1).    Access Database: eksport objek yang dipilih ke database akses.
2).  Marge it with Microsoft Office Word: menggunakan kata-mail merge Wizard untuk menggabungkan tanggal.
                                
3.      Group Collect Data
Group collect data berhubungan dengan pengiriman database melalui E-mail.
a.    Creat E-mail: digunakan untuk membuat pesan email yang berisi formulir untuk mengumpulkan informasi dari pengguna untuk mengisi database
b.  Manage Replies: balasan untuk melihat data yang dikumpulkan dalam pesan email dan menggunakan mereka untuk memperbarui tanggal.

4.      Group SharePoint List
Dalam group ini kita dapat melakukan sinkronisasi database dengan SharePoint.
a.       Work Online: pengambilan semua data secara offline
b.      Synchronize: mengsinkronisasikan/menyamakan data
c.       Discard Changes:
d.     Cache List Data: Cache List Data dalam file database untuk meningkatkan kinerja klien dan server. ini akan meningkatkan ukuran database
e.       Relink Lists:
f.     Move to SharePoint: memindahkan sebagian atau semua bagian database ke sharepoint list
                                  
D.    Tab Database Tools
1.      Group Macro
Berisi rangkain perintah berupa aksi yang dapat dilaksanakan secara otomatis. Di group ini kita dapat menggunakan Visual Basic dalam pembuatan perintahnya
a.       Visual Basic: memulai editor visual basic
b.      Run Macro: Menjalakan micro
c.       Create Shortcut Menu from Macro: Membuat Menu Shortcut dari Makro
d.      Convert Form’s Macros to Visual Basic: Mengkonversi bentuk Macro ke Visual Basic

2.      Group Show/Hide
Berisi pembuatan Relationships (hubungan antar tabel) dan juga perintah lainnya
a.    Relationships: mendefinisikan bagaimana data dalam tabel yang terkait, seperti ID fields dan nama fields dalam tabel yang berbeda yang harus sesuaikan.
b.      Property Sheet: membuka lembar properti untuk mengatur properties.
c.   Object Dependencies: menunjukkan obyek dalam database yang menggunakan objek yang dipilih, seperti pertanyaan yang mengandalkan tabel tertentu atau tabel yang bergantung pada tabel lain
d.      Message Bar: Membuka message bar untuk menyelesaikan tindakan yang diperlukan pada dokumen

3.      Group Analyze
Menganalisa performa dari database yang dibuat pada group ini dan juga menganalisa keefektifan penggunaan tabel
a.       Database Documenter:
b.      Analyze Performance: menganalisa kinerja
c.       Analyze Table: menganalisa table

4.      Move Data
Database yang telah dibuat dapat digunakan (move) menjadi SQL Server atau Database Access. Tentunya dalam mengubah database menjadi SQL Server dibutuhkan Program SQL Server pada komputer kita.
a.     SQL Server: memindahkan beberapa atau semua bagian dari database ke database SQL server baru atau yang sudah ada pada Microsoft.
b.   Access Database: membagi database menjadi dua file: satu berisi table dan satu berisi query dan bentuk

5.      Database Tools
Salah satu fitur advance yang ada pada Access 2007, seperti kita dapat memberikan melakukan enkripsi database dengan menggunakan password dan juga fitur-fitur advance lainnya
a.       Linked Table Manager:
b.      Switchboard Manager:
c.       Encrypt with password: Mengenkripsi dengan menggunakan password
d.      Add-ins:
e.       Make ACCDE: membuat ACCDE



[Kembali]                                  [Naik]

Daftar Ke PbWorks + Gabung K Group

Written By Ferryxz on Selasa, 13 November 2012 | 04.01

Buat temen-temen yang belum tau caranya gabung di PbWorks bisa dilihat disini
1. Buka dulu situs PbWorks
2. Selanjutnya ada 2 pilihan 
    -. yang belum punya akun silakan daftar dulu
    -. kalo yang sudah punya akun silakan Log In
3. Disini saya gunakan yang sudah daftar, setelah selesai Log In akan mucul seperti pada gambar dibawah ini.



4. Setelah itu pilih "Join a wokrspace" dan isikan alamat group yang dinginkan. Seperti contoh "databasetp2012.pbworks.com"


5. Setelah selesai klik "Submit"

6. Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Kemudian klik "Request Access"

7. Selanjutnya akan muncul seperti gambar di bawah ini. Disini tinggal memasukan "Confirm by entering the letter" dan masukan hurufnya.


8. Setelah itu tinggal klik "Send to administrator"

Kira-kira seperti ini caranya, silakan dicoba terus

Catatan : Untuk lebih jelas melihat gambar silakan di klik gambar tersebut.

Kode-Kode Warna

Written By Ferryxz on Rabu, 17 Oktober 2012 | 17.24


Kali ini khusus membahas tentang cara mengetahui kode kode warna untuk mempermudah mencari tahu tentang kode warna yang akan dipakai saat mengedit tampilan blog sobat. Langsung saja dilihat ya?






Kode Warna


Kode Warna




[Back]

Tugas 1 PSB Definisi

Written By Ferryxz on Kamis, 11 Oktober 2012 | 05.28



Tugas 1 Pusat Sumber Belajar

1. Definisi atau konsep tentang :
a. Alat pelajaran
1. Alat pelajaran menurut Suryosubroto, 2004: 114 (dalam Qodriyah) adalah alat yang digunakan secara langsung dalam proses belajar mengajar, misalnya : buku, alat peraga, alat tulis, dan alat praktek.(1)
2. Wijaya dan Rusyan (dalam Nawawi) mendefinisikan alat pelajaran adalah media pendidikan yang berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar.(4)
3. Menurut Sumad (dalam Nawawi) alat pelajaran adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang dapat diamati melalui panca indera.(4)
b. Alat peraga
1. Alat peraga menurut Yassin dikutip oleh Suryosubroto, 2004: 114 (dalam Qodriyah) adalah alat pembantu pendidikan dan pengajaran, misalnya perbuatan-perbuatan atau benda yang sudah memberi pengertian kepada anak didik berturut-turut dari yang abstrak sampai kepada yang kongkret.(1)
2. Alat peraga yaitu alat pembantu pengajaran yang mudah member pengertian kepada peserta didik/suatu bentuk perwujudan dari suatu pengertian. Contoh: alat peraga kubus, balok, globe dll.(2)
3. Alat peraga adalah semua benda yang difungsikan untuk meragakan suatu arti atau pengertian tentang benda tersebut.(5)

c. Media pembelajaran
1. Gagne (Marlina, 2004:22) menyatakan bahwa media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen pembelajaran yang terdapat dilingkungan peserta didik untuk belajar.(3)
2. Brown (Marlina, 2004:22) memandang bahwa media pembelajaran digunakan untuk mempengaruhi efektivitas program pembelajaran.(3)
3. Menurut Dinje Borman Rumumpuk (1988) media pembelajaran adalah setiap alat baik software maupun hardware yang dipergunakan sebagai media komunikasi dan bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.(2)
4.  Media pembelajaran adalah segala hal (alat, benda, metode, prosedur) yang difungsikan sebagai perantara penyampaian pesan dalam proses komunikasi pembelajaran.(5)
d. Bahan pembelajaran
1. Bahan pembelajaran dalam penyajiannya berupa deskripsi yakni berisi tentang fakta-fakta dan prinsip-prinsip, norma yakni berkaitan dengan aturan, nilai dan sikap, serta seperangkat tindakan/keterampilan motorik.(7)
2. Bahan pembelajaran merupakan bahan ajar utama yang menjadi rujukan wajib dalam pembelajaran. Contohnya adalah buku teks, modul, handout, dan bahan-bahan panduan utama lainnya, dimana bahan pembelajaran dikembangkan mengacu pada kurikulum yang berlaku, khususnya yang terkait dengan tujuan dan materi kurikulum seperti kompetensi, standar materi dan indikator pencapaian.(7)
3. AECT (1986) mendefinisikan bahan ajar sebagai bahan pembelajaran yang berupa barang-barang (media atau perangkat lunak) yang berisi pesan untuk disampaikan dengan menggunakan peralatan.(8)
e. Sumber belajar
1. Menurut Association Eduvational Communication and Technology AECT (As’ari, 2007 dalam Nawawi), sumber belajar adalah berbagai sumber atau semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar.(4)
2. Menurut Sudjana (Suratno, 2008 dalam Nawawi) bahwa pengertian sumber belajar bisa diartikan secara sempit maupun secara luas. Pengertian secara sempit diarahkan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan pengertian secara luas adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.(4)
3. Djamarah 2002, 139 (dalam Nawawi) mengatakan, bahwa yang dimaksud dengan sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat dimana bahan pengajaran terdapat atau asal untuk belajar seseorang.(4)
4. Sumber belajar adalah segala hal (termasuk alat peraga dan media pembelajaran) yang difungsikan sebagai tempat di mana materi pelajaran diperoleh untuk belajar.(5)

2. Kedudukan sumber belajar dalam sistem pembelajaran :
a. Kedudukan sumber belajar dalam sistem pembelajaran dibagi menjadi 2 yaitu pembelajaran sebagai proses perubahan tingkah laku dan pembelajaran sebagai proses komunikasi.(5)
I. Pembelajaran sebagai proses perubahan tingkah laku dimana sumber belajar dimulai dengan adanya rangsangan yang diberikan oleh seorang pendidik kepada pelajar/ peserta didik berupa buku atau materi yang berasal dari media cetak dan non cetak, selanjutnya peserta didik akan memilah-milah segala rangsangan yang telah mereka dapatkan dengan mempertimbangkan terlebih dahulu pengetahuan awal yang berhubungan dengan rangsangan tersebut dan selanjutnya peserta didik akan melakukan reaksi/ tingkah laku terhadap pembelajaran yang telah disampaikan melalui sumber/ media belajar yang didapatkan.
II. Pembelajaran sebagai proses komunikasi dimana sumber belajar didapatkan melalui seorang pendidik/ komunikator dengan memberikan informasi-informasi  sebagai media yang akan disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik/ komunikan. Apabila materi belum dapat dipahami maka peserta didik dapat menanyakan kembali kepada komunikator (unpan balik) dengan demikian dalam proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan yang dinginkan  melalui proses komunikasi.
b. Merupakan bagian penting dalam penyelenggaraan pendidikan yang tidak terpisah dari komponen – komponen yang terdiri dari sarana – prasarana dan biaya. Dengan demikian keberadaan sumber belajar dalam sistem pendidikan/ pembelajaran secara umum memberikan sumbangan yang sangat penting sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat terselenggara dengan baik, lancar dan efektif.(6)

3. Kaitan sumber belajar dengan bidang garapan TP :
a. Sumber belajar dalam kawasan desain merupakan proses untuk menentukan kondisi belajar dimana dalam kawasan ini dapat menciptakan stategi dan produk pada tingkat mikro, seperti program dan kurikulum, dan pada tingkat mikro, seperti pelajaran dan modul sehingga dapat digunakan untuk menyalurkan pesan
b. Sumber belajar dalam kawasan pengembangan dimana merupakan proses penerjemahan spesifikasi desain dalam bentuk fisik yang mencangkup banyak variasi yang digunakan dalam pembelajaran melalui teknologi cetak, audiovisual, berbasis computer, dan terpadu
c. Sumber belajar dalam kawasan pemanfaatan dimana merupakan aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar secara sistematis dalam proses pembelajaran
d. Sumber belajar dalam kawasan pengelolaan merupakan pengendalian teknologi pembelajaran melalui perencanaan, pengorganisasian, pengkordinasian, dan supervisi terhadap sumber-sumber  belajar
e. Sumber belajar dalam kawasan penilaian dimana merupakan proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar dengan dilakukan evaluasi pencapaian terhadap sumber-sumber belajar dalam proses pemanfaatan dalam pembelajaran.

Sumber :
(1)Qodriyah. 2011. Pengertia Alat Pelajaran. Tersedia pada http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2202913-pengertian-alat-pelajaran/. Diakses pada tanggal 25 September 2012.
(2)Niamw. 2010. Pengertian Media Pengajaran, Alat Pelajaran, Alat Peraga. Tersedia pada http://niamw.wordpress.com/2010/04/30/pengertian-media-pengajaran-alat-pelajaran-alat-peraga/. Diakses pada tanggal 25 September 2012.
(3)Anonim. _______. BAB II Tinjauan Teori. Tersedia pada  repository.upi.edu/operator/upload/s_pgsd_0810133_chapter2.pdf. Diakses pada tanggal 25 September 2012.
(4)Nawawi. 2012. Sumber-sumber Bahan Ajar dan Alat Pelajaran. Tersedia pada http://blog.umy.ac.id/nawawi/2012/01/16/sumber-sumber-bahan-ajar-dan-alat-pelajaran/. Diakses pada tanggal 25 September 2012.
(5)Suartama, I K. 2012. Hakikat Sumber Belajar. Tersedia pada Power Point. Universitas Pendidikan Ganesha.
(6)Anonim. _______. Buku Sumber Belajar Dikti.RTF. Tersedia pada http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197408062001121-BADRU_ZAMAN/Buku_Sumber_Belajar_Dikti.pdf. Diakses pada tanggal 27 September 2012.
(7)Konjo, Ian. 2011. Definisi Bahan Ajar .Tersedia pada http://jaririndu.blogspot.com/2011/09/definisi-bahan-ajar.html. Diakses pada tanggal 27 September 2012.
(8)Widyartono, Didin. 2012. Hakikat Bahan Ajar. Tersedia pada http://didin.lecture.ub.ac.id/pembelajaran-3/hakikat-bahan-ajar. Diakses pada tanggal 28 September 2012
Seels, Barbara B., Richey, Rita C. 1994. Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.


[Kembali]                                  [Naik]

Jam

 
Copyright © 2013. Ferryxz Yamato II - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger